Apa Itu IMK?
“IMK adalah apa yang terjadi saat pengguna
manusia dan sistem komputer bersama- sama menyelesaikan suatu tugas /
pekerjaan”.
Definisi
Sebuah
hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu
untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang menggunakan
antarmuka (interface).
Perubahan
Teknologi
Penurunan harga komputer yang
sangat dramatis dihasilkan oleh adanya perkembangan teknologi terutama
teknologi microelectronic dalam bentuk keping silicon (IC). Kemampuan teknologi
untuk memperkecil ukuran rangkaian serta mengkemas sejumlah rangkaian dalam
satu keping tipis IC merupakan langkah menuju perkembangan komputer yang
powerful dengan kapasitas penyimpan yang besar, namun dengan harga yang semakin
murah. Perubahan teknologi tersebut telah membuka kemungkinan penggunaan
komputer yang lebih luas. Saat ini kehadiran komputer sudah tidak dapat
dilepaskan dari dunia bisnis dan industri modern. Komputer juga ditemukan dalam
penggunaan aplikasi rumah tangga.
Agar
komputer dapat diterima secara luas dan digunakan secara efektif, maka perlu
dirancang secara baik. Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang
agar dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu dirancang agar
memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara
spesifik.
Istilah
IMK/HCI
Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka
pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine
Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang
sistem. Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka
pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. Istilah
human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai
bidang studi yang baru. HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang
berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif
untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya.
Antarmuka
Manusia dan Komputer
Media yang
memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan suatu
perintah kepada komputer.
Sebuah
program aplikasi terdiri dari 2 bagian yaitu:
1. Bagian antarmuka
2. Bagian aplikasi
Media
antarmuka manusia dan komputer terbagi menjadi 2 yaitu :
a.Media
Tekstual
Bentuk
sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi
teks dan kurang menarik . contoh pada listing program C++
b.Media
GUI (Graphical User Interface)
Bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk
grafis dan sangat atraktif. Contoh antarmuka manusia dengan komputer yang
berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro,
Delphi dan lain-lain).
Untuk
mempercepat proses perancangan dan pengembangan antarmuka (interface)
diperlukan piranti pengembangan sistem seperti pemrogaman visual (Visual Basic,
Visual Foxpro, Delphi, Visual C++ dan lain-lain).
Berdasarkan
fungsinya piranti bantu terbagi menjadi 2 yaitu :
- Piranti bantu Aplikasi (application software) Program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas, misalnya membuat dokumen, manipulasi photo dan membuat laporan.
- Piranti
bantu sistem (system software program yang digunakan untuk mengontrol
sumberdaya komputer seperti CPU dan hardware masukan / keluaran.
0 komentar:
Posting Komentar