Faktor Manusia
FAKTOR MANUSIA
Jenis-Jenis
Komputer
• Super
computer
•
Mainframe computer
• Mini
computer
• Micro
computer, Personal Computer
•
Workstation : station (komputer tempat) bekerja.
• Notebook
computer
• Personal
Digital Assistant(PDA) / palmtop computer
- Cellular Phone
- Tablet PC
• Cluster
computer : beberapa komputer (biasanya PC) bekerja bersama sebagai satu virtual
computer.
Sistem
Komputer terdiri atas 3 (tiga) aspek :
1. Aspek
Perangkat Keras (Hardware).
Serangkaian unsur-unsur yang
terdiri dari beberapa perangkat keras komputer yang digunakan untuk membantu
proses kerja manusia (Brainware ).
contoh: CPU, Monitor, Keyboard, Hardisk, Diskdrive
2. Aspek
Perangkat Lunak (Software).
Serangkaian
unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang
digunakan untuk membantu proses kerja manusia ( Brainware ).
Contoh : Sistem
Software, Application Software, Package Software.
3. Aspek
Manusia (Brainware).
Tenaga
pelaksana yang menjalankan serta mengawasi pengoperasian sistem unit komputer
didalam proses pengolahan data untuk menghasilkan suatu informasi yang tepat
waktu, tepat guna dan akurat.
Contoh:
Sistem Analis, Programmer, operator, Technical Support.
Input Device
Scanner
adalah
peralatan input data yang menangkap satu halaman (teks/gambar) dan kemudian
menterjemahkan ke dalam data digital berbentuk BitMap.
Touch screen
adalah
layar monitor yang bisa merespon sentuhan tangan manusia pada permukaan
layarnya, Sebagai alternatif untuk memilih menu atau Icon selain dengan mouse.
Prosesing
Suatu
tindakan yang di dilakukan untuk manipulasi data dan eksekusi Terdiri dari 5
komponen :
Memory
ALU
(aritmatik dan Logic unit)
Register
Bus
Control
Unit
Memory
Memori menyimpan berbagai bentuk
informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan
dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah
angka atau urutan angka-angka.
Contoh:
Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah
satu metode pemecahan.
Output
Device
Peralatan
yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang
berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun
dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses
Monitor
merupakan
salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer.
Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan
fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai
komputer.
Printer
merupakan
media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar ataupun
grafik didalam media kertas. Banyak sekali jenis printer yang bisa dijumpai,
baik ditinjau dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas ataupun teknik
peng-operasiannya.
Storage
device
Media
Storage atau media penyimpanan adalah perangkat keras untuk melakukan operasi
penulisan, pembacaan dan penyimpanan data. Media penyimpanan utama sebuah komputer
adalah Harddisk. Disinilah data dan program aplikasi (software) disimpan.
Disamping Harddisk media penyimpanan yang lainnya adalah disket dan CD.
Faktor
manusia (brainware) dalam merancang Antarmuka
1.
Penglihatan
Dalam
dunia nyata, mata selalu digunakan untuk melihat semua bentuk tiga dimensi.
Dalam sistem komputer, yang menggunakan layar dua dimensi, mata kiri dipaksa
untuk dapat mengerti bahwa obyek pada layar tampilan, yang sesungguhnya berupa
obyek dua dimensi, harus dipahami sebagai obyek tiga dimensi dengan
teknik-teknik tertentu.
Faktor
manusia (brainware) dalam merancang Antarmuka adalah :
- Luminas banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek. Semakin besar luminans dari sebuah obyek,rincian obyek yang dapat dilihat oleh mata juga akan semakin bertambah.
- Kontras hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu obyek dan cahaya dari latar belakang obyek tersebut.
- Kecerahan tanggapan subyektif pada cahaya.
- Sudut dan Ketajaman Penglihatan Sudut penglihatan (visual angle) didefinisikan sebagai sudut yang berhadapan oleh objek pada mata. Ketajaman penglihatan (visual acuity) adalah sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah objek dengan jelas
- Medan Penglihatan sudut yang dibentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh dan ke kanan terjauh
- Warna Cahaya tampak merupakan sebagian kecil dari spektrum elektromagnetik
2. Pendengaran
Kebanyakan
manusia mendeteksi suara dalam frekuensi 20 Hertz – 20 Khertz Manusia juga
mendengar suara antara 50 dB (decible) – 70 dB. Telinga manusia akan rusak
mendengar lebih dari 140 dB. Manusia tidak mendengar frekuensi kurangdari 20 dB.
3. Sentuhan
Sentuhan
merupakan sarana manusia untuk berinteraksi. contoh dalam penggunaan papan
ketik (keyboard) atau tombol, maka manusia akan lebih nyaman apabila tombol
atau keyboard tidak berat proses penekanannya.
4.
Pemodelan Sistem Pengolahan
Model sistem
pengolahan manusia terdiri dari pengolahan perseptual, pengolahan intelektual
dan pengendalian motorik yang beinteraksi dengan memori manusia. Model sistem
komputer terdiri dari pengolah (processor) dan memori. Interaksi keduanya
melalui bus.
5. Pengendalian
Motorik
Pengendalian
motorik pada manusia dapat dilatih untuk mencapai taraf tertentu seperti
mengetik 10 jari untuk kecepatan 1000 huruf permenit.
0 komentar:
Posting Komentar